Sabtu, 17 April 2010

ASI Eksklusif, kenapa tidak????

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Sampai bayi berumur 6 bulan sebaiknya memang hanya ASI yang diberikan, ASI Ekslusif. Namun, masih banyak ibu yang tidak bisa memberikan ASI Eksklusif kepada buah hati tercintanya. Banyak alasan yang dipaparkan, ada yang karena ASI-nya cuma keluar sedikit, karena sibuk bekerja, karena anaknya rewel, dan masih banyak lagi. Padahal ASI sangat besar khasiatnya bagi bayi, gizi terbaik di awal kehidupannya. Daya tahan tubuh bayi juga lebih baik dibanding yang tidak mendapat ASI. Susu formula sebaik dan semahal apapun tidak bisa menandingi nutrisi yang terkandung dalam ASI. Itulah sebabnya pemerintah gencar menggalakkan program pemberian ASI Ekslusif. WHO juga menganjurkan pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan dan setelah diberi Makanan Pendamping, ASI tetap diteruskan selama mungkin. Kalau dalam Islam sudah diatur, pemberian ASI sampai anak berusia 2 tahun, itu aturan Allah, pasti Allah punya maksud baik dengan aturan itu.



Sebenarnya, kalau mau berusaha ASI pasti bisa keluar banyak dalam 6 bulan pertama pasca melahirkan. Tidak usah takut kekurangan stok ASI, harus ada sugesti positif dalam diri agar ASI bisa keluar banyak. Kalau sudah berpikiran negatif, tentu ASI tidak bisa keluar banyak, hal itu bisa juga faktor psikologis sang ibu. Selain faktor psikologis, harus didukung dengan faktor luar, yaitu makanan dan minuman yang bergizi selama masa menyusui agar ASI yang keluar lebih berkualitas. Bagi Wanita yang bekerja sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak memberi ASI, karena bisa diperas dan disimpan di kulkas. ASI bisa tahan lebih dari 24 jam bila disimpan dalam kulkas, dan tahan 4 jam dalam suhu ruang. Jadi, sebenarnya kalau ada kemauan untuk memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, Ibu yang bekerja pasti bisa melakukannya. Banyak kok yang bisa menerapkannya meski agak ribet, hanya kemauan dan semangat saja yang dibutuhkan untuk bisa memberikan ASI Eksklusif untuk buah hati.



ASI Eksklusif artinya hanya ASI saja selama 6 bulan pertama dalam kehidupan bayi. Banyak orangtua yang kurang sabar sehingga sudah menambahkan susu formula sebelum bayi mencapai umur 6 bulan. Bahkan ada yang lebih parah dengan memberikannya bubur dibawah 6 bulan, dalam kehidupan masyrakat kita memang sering salah kaprah. Ketika bayi rewel dan nangis terus dikira perutnya lapar, hingga akhirnya bayi yang masih berumur 1 bulan pun ada yang sudah diberi makanan padat, seperti bubur atau pisang kerok misalnya. Padahal bayi sangat wajar menangis, dan menangis bisa disebabkan banyak hal. Mungkin tidak nyaman karena pipis, pup, cuaca, dsb.



ASI Eksklusif, terbukti banyak sekali manfaatnya bagi tumbuh kembang bayi. Bayi menjadi kuat daya tahan tubuhnya, cerdas, dan tentunya mengeratkan hubungan antara Ibu dan Anak. Ayo...ayo, para Ibu, berikan ASI untuk mengawali kehidupan putra-putri kita di dunia ini, karena anak berhak mendapatkan yang terbaik dalam kehidupannya, terutama pada awal kehidupannya. ASI adalah anugrah Allah SWT yang harus disyukuri dengan memberikannya kepada yang berhak, yaitu buah hati kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar