Kamis, 19 Agustus 2010

Kaldu bebas MSG ala Bunda Attar..;)

Hi Mom..., berikan yang terbaik untuk buah hati kita dan keluarga kita. Dalam memberikan makanan sebisa mungkin berikan yang alami, tanpa pengawet, tanpa MSG/penguat rasa. Memang tidak selamanya kita punya waktu untuk memasakkan orang-orang tercinta, namun bila disempatkan saya yakin setidaknya sekali sehari bisa kita lakukan, semua tergantung niat. Memasak sendiri selain lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, juga merupakan wujud kepedulian kita memberikan asupan gizi yang baik untuk orang-orang tercinta. Tanpa banyak kata, saya akan memberikan tips membuat penyedap rasa alami.



Gini, Mom, untuk membuat penyedap alami, bahannya bisa dari daging sapi, ayam ataupun ikan, semua bahan-bahan itu enak kok kalo dibuat kaldu, atau bisa juga udang bagi yang tidak alergi, pokoknya bisa disesuaikan selera kita.



Cara membuatnya mudah banget.

Daging direbus dengan air, jangan banyak-banyak airnya ya..(yg penting daging sedikit tenggelam dalam air), dengan bumbu secukupnya terdiri dari : bawang putih, bawang merah, garam, sedikit jahe..(untuk ngurangi amisnya), selembar daun salam. Sengaja tidak saya tambahkan merica, karena balita kurang menyukai pedasnya.
Daging sapi/ ayam direbus dengan api kecil selama 45 menit - 1 jam. Kenapa api kecil? Merebus dengan api kecil membuat daging sapi/ayam menjadi empuk dan kaldunya lebih mantap meresap. Untuk ikan atau udang, direbus dengan api kecil selama 30-40 menit saja, karena teksturnya sangat berbeda dengan daging sapi maupun udang.



Setelah selesai direbus sampai mendidih dan dalam waktu yang telah ditentukan, diamkan kaldu sampai dingin. Kalo sudah dingin, masukkan ke dalam plastik es, lbh praktis memakai plastik es lilin yang kecil-kecil. Setelah itu masukkan ke dalam frezer kulkas. Jadilah kaldu tanpa MSG yang lezat dan awet tanpa bahan pengawet, yang bisa digunakan sewaktu-waktu akan memasak. Selamat mencoba...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar