Selasa, 18 Mei 2010

Migren

Migrain. Sakit kepala yang rasanya sangat nyeri dan bisa membuat penderitanya tak berdaya. Sakit kepala sebelah memang sangat menyakitkan. Apa sih penyebab migrain itu? Menurut banyak sumber yang saya baca, penyebab migrain belum jelas. Dari info kesehatan wartamerdika.com, migrain disebabkan adanya hiperaktiftas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Telah diketahui bahwa faktor genetik berperan terhadap timbulnya migrain.



Obat migrain emang agak susah meski sekarang sudah mulai muncul obat sakit migrain yang dijual bebas di pasaran. Tapi obat itu hanya menghentikan sementara, dan saya tidak mau ketergantungan dengan obat-obatan. Ketika saya mengalami migrain, rasa mual selalu mengikuti. Sehingga menganggu aktifitas saya. Biasanya saya mengalami migrain sebelum, selama dan setelah haid. Menyiksa sekali rasanya. Namun..., beberapa hari yang lalu saya telah menemukan obat migrain alami yang mujarab, yaitu kangkung. Saya termasuk penyuka sayur kangkung, apalagi kalo ditumis atao dimakan pake sambal tomat, wuihhh sedapnya. Berawal dari ketidaksengajaan, menjelang menstruasi saya makan kangkung rebus pake sambal tomat sebanyak satu mangkok besar. Keesokan harinya saya menstruasi, dan tanpa migrain. Saya takjub dengan keadaan yang tidak biasanya itu. Saya ingat-ingat apa yang membuat menstruasi saya pada waktu itu lancar tanpa gangguan migrain. Dan saya yakin, kangkunglah obatnya. Saya buka internet, mencari informasi tentang khasiat kangkung. Menurut penelitian, kangkung ternyata berkhasiat sebagai antiracun, antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik) dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Kangkung juga sebagai penenang dan obat tidur (sedatif) serta mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman kangkung mempunyai kemampuan menetralkan racun dalam tubuh. Kangkung selain enak rasanya ternyata sangat banyak khasiatnya, kandungan gizinya pun cukup tinggi. Selain vitamin A, B1, dan C, juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, hentriakontan dan sitosterol.



So..., jangan ragu-ragu untuk sering menyantap sayur ini dalam menu makanan sehari-hari. Insya Allah akan jauh dari penyakit. Dan terutama bagi yang sering sakit kepala khususnya migrain, perbanyak konsumsi sayur ini, dan untuk meningkatkan selera makan sesuaikan dengan lidah anda cara memasaknya. Selamat mencoba....^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar